SAKA WANABAKTI GROBOGAN GELAR LATIHAN RUTIN SECARA DARING

Anggota Saka Wanabakti mengikuti latihan secara daring
Anggota Saka Wanabakti mengikuti latihan secara daring

Grobogan. Sabtu, 16 Januari 2021, Satuan Karya Wanabakti Kwartir Cabang 11 15 Grobogan Pangkalan Perum Perhutani KPH Purwodadi melaksanakan latihan rutin dengan cara daring dengan diikuti sebanyak 27 orang anggota. .
Para peserta latihan rutin mendapatkan materi tentang Syarat Kecakapan Khusus (SKK) Pembibitan yang disampaikan oleh Ketua Dewan Saka Wanabakti Putri Pangkalan KPH Purwodadi, Rahmawati Fitri Desika.dengan didampingi oleh Pamong Satun Karya Wanabakti Kak Agus Winarno.
Disampaikan oleh Rahmawati, bahwa di Saka Wanabakti terdapat 4 (empat) Krida, yaitu Krida Tata Wana, Bina wana, Guna Wana dan Reksa Wana. Sedangkan pada Krida Bina Wana terdapat 7 (tujuh) SKK dimana salah satunya adalah SKK Pembibitan.
Menurut Rahmawati, sebagai satuan karya yang berorientasi pada ketrampilan kehutanan para anggota diberi bekal pemahaman tentang bagaimana membuat perencanaan dan melaksanakan pembuatan persemaian untuk kebutuhan bibit yang akan ditanam di lokasi penanaman.
Di dalam pembibitan atau pembuatan persemaian dibutuhkan sarana prasarana yang memadai, baik akan kebutuhan benih yang akan disemai, lokasi yang dibutuhkan, ketersediaan air, media tanam, kebutuhan tenaga kerja, maupun akses jalan yang bisa dilewati untuk pengangkutan bibit bila siap tanam.
Keberhasilan tanaman juga dipengaruhi akan kesiapan bibit yang akan ditanam, sehingga apabila akan melaksanakan penanaman, diharapkan bibit yang ditanam adalah bibit yang siap tanam, diantara sudah berkayu, akar dan daunnya sudah cukup.
Sebagai tindaklanjut dari latihan materi pembibitan, anggota Saka Wanabakti akan mengumpulkan biji buah-buahan untuk selanjutnya akan dilaksanakan pembuatan persemaian.

Ketua Dewan Saka Wanabakti Wirosari mengikuti latihan rutin
Ketua Dewan Saka Wanabakti Wirosari mengikuti latihan rutin

Sementara itu, pada kesempatan tersebut, Kak Agus Winarno, Pamong Satuan Karya Wanabakti mengajak kepada adik-adik anggota Satuan Karya Wanabakti untuk tetap semangat walau latihan dilaksanakan secara daring. Kak Agus juga mengingatkan adik-adik untuk selalu mematuhi protokol kesehatan dan berdoa agar pandemi Covid-19 segera berakhir.