KWARCAB GROBOGAN IKUTI RAKOR BINAWASA DAN PUSDIKLAT TINGKAT JATENG

Kak Mulyono menyampaikan kegiatan pasca kursus untuk anggota dewasa Gerakan Pramuka
Kak Mulyono menyampaikan kegiatan pasca kursus untuk anggota dewasa Gerakan Pramuka

Kwartir Cabang Grobogan yang diwakili oleh Kak Siswoyo Ketua Bidang Bina Wasa dan Kak Agus Winarno Pengurus Pusdiklatcab Kwarcab Grobogan pada hari ini, Sabtu 20 Februari 2021 mengikuti Rapat Koordinasi Bidang Bina Wasa dan Pusdiklat yang digelar oleh Kwartir Daerah Jawa Tengah.

Rapat yang digelar secara daring melalui zoom meeting ini diikuti oleh perwakilan Bidang Bina Wasa dan Pusdiklatcab se – Jawa Tengah dan dibuka oleh Kak Kartono, Wakil Ketua Kwartir Daerah Jawa Tengah Bidang Bina Wasa.

Dalam sambutan Kak Atiqoh Suprianti, Ketua Kwartir Daerah Jawa Tengah yang dibacakan oleh Kak Kartono, bahwa penyelenggaraan Rapat Koordinasi dalam rangka menguatkan sinergitas Bidang Bina Wasa dan Pusdiklat se – Kwartir Daerah Jawa Tengah sebagai upaya pencapaian visi dan misi Kwartir Daerah Jawa Tengah.

Kak Kartono menyampaikan bahwa tugas utama Bidang Bina Wasa dan Pusdiklat adalah menciptakan pembina Pramuka berkompetensi yang mampu memahami pembinaan peserta didik di Gugus Depan, menghasilkan pembina Gugus Depan yang mampu melaksanakan Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik.

“ Dalam mencapai tujuan tersebut diperlukan penguatan di bidang sumber daya manusia, program-program kursus yang sesuai kebutuhan, tata kelola pusdik yang baik dan tertib, serta ketersediaan sarana dan prasarana, antara Bidang Bina Wasa dan Pusdiklat harus saling menguatkan” tegas Kak Kartono.

Sementara itu, dihadapan peserta Rakor, Kepala Pusdiklat Kwartir Daerah Jawa Tengah Kak Mulyono agar jajaran Bidang Bina Wasa dan Pusdiklat se Jawa Tengah dalam pembinaan anggota dewasa agar memahami dan  berpedoman tentang Petunjuk Penyelenggaraan Pembinaan Anggota Dewasa, Sistem Pendidikan dan Latihan Anggota Dewasa Gerakan Pramuka. Di samping itu diharapkan keberadaan pusdiklat di masing-masing jajaran sebagai penjamin mutu dan pusat keunggulan dalam pembinaan anggota dewasa Gerakan Pramuka.

Di akhir Rakor, dengan dipandu oleh Kak Aditya Pengurus Pusdiklatda Jawa Tengah, dilaksanakan diskusi tentang kebijakan kursus untuk anggota dewasa di masa pandemi, tindak lanjut pasca kursus atau masa pengembangan.

Kak Agus Winarno Pengurus Pusdiklatcab Grobogan mengikuti Rakor secara daring
Kak Agus Winarno Pengurus Pusdiklatcab Grobogan mengikuti Rakor secara daring