PESERTA PESTA SIAGA DI GROBOGAN SUGUHKAN KARNAVAL BUDAYA

Penampilan Tari Gugur Gunung dari salah satu kontingen
Penampilan Tari Gugur Gunung dari salah satu kontingen

38 barung dari 19 Kwartir Ranting mengikuti Pesta Siaga Kwartir Cabang Grobogan Tahun 2022 yang digelar pada Minggu, 20 Maret 2022. Kegiatan tahunan bagi Pramuka Golongan Siaga ini berlangsung di dua tempat, untuk 19 Barung Putra pelaksanaan kegiatan di Halaman SMK Pancasila Purwodadi dan 19 Barung Putri berlangsung di SMP Negeri 2 Purwodadi.
Disampaikan oleh Kak Suiyitno, Ketua Bidang Bina Muda Kwarcab Grobogan bahwa pesta siaga ini adalah kegiatan yang berjenjang dari Kwartir Ranting sampai nanti di tingkat Kwartir Daerah Jawa Tengah. Para peserta di tingkat cabang ini merupakan barung tergiat dari masing-masing Kwartir Ranting. Adapun barung tergiat I putra dan putri di tingkat Kwartir Cabang Grobogan akan mewakili Kwartir Cabang Grobogan di tingkat Binwil Semarang pada tanggal 27 Maret 2022 di Kwartir Cabang Demak.
Setelah melewati berbagai taman penilaian yang meliputi taman ketaqwaan, toleransi beragama, kerapian berpakaian, menyanyi lagu perjuangan, Jateng hebat, KIM, simpul dan ikatan. Ketrampilan bola, para peserta melaksanakan karnaval budaya.

Musik pengiring karnaval buadaya
Musik pengiring karnaval buadaya

Dengan didampingi oleh Pimpinan Kontingen dan Pembina Pendamping para peserta menampilkan pentas budaya berupa gerakan dengan iringan musik disertai penghayatan terhadap cerminan yang dipentaskan. Kegiatan ini sebagai upaya pelestarian nilai nilai budaya bangsa yang beraneka ragam.

Ketua Kwartir Cabang Grobogan Kak Agus Siswanto, menyaksikan pagelaran karnaval budaya
Ketua Kwartir Cabang Grobogan Kak Agus Siswanto, menyaksikan pagelaran karnaval budaya

Ketua Kwartir Cabang Grobogan, Kak Agus Siswanto yang hadir secara langsung menyaksikan penampilan karnaval budaya masing masing kontingen merasa bangga terhadap pentas yang dilakukan oleh anak-anak siaga ini.“Kreatifitas yang dilakukan oleh anak-anak siaga ini merupakan sebuah kebanggaan, sehingga hal ini dapat menjadikan inspirasi kepada teman-temannya di gugus depan, menjadikan Pramuka semakin eksis, dan kreatifitas yang mereka miliki dapat tumbuh berkembang” tutur Ka Kwarcab.