PRAMUKA SMP N 1 GODONG DI DATANGI BPBD, ADA APA?

Godong (13/1/23). SMP Negeri 1 Godong bekerja sama dengan BPBD Kabupaten Grobogan, bekali anggota Pramuka Penggalang berlatih sekolah Aman Bencana.

Pada latihan rutin kepramukaan hari Jumat, 13 Januari 2023 ada yang berbeda dari latihan rutin biasanya, dimana Pramuka Penggalang Pangkalan SMP Negeri 1 Godong menerima materi Sekolah Aman Bencana dari BPBD Kabupaten Grobogan, materi disampaikan oleh Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan Khoirudin, S.Kep dan Kasi Kedaruratan Masrichan A.Md. menurut Ketua Gudep Pramuka SMP Negeri 1 Godong Kak Retno Afitin diharapkan adik-adik Pramuka Penggalang mengerti bencana sejak dini dan langkah-langkah pencegahannya dan apa yang harus dilakukan bilamana terjadi bencana. Pelaksanaan kegiatan ini  oleh BPBD Grobogan dilaksanakan 4 (empat) kali pertemuan setiap latihan rutin pramuka dihari jumat.

Kunjungan BPBD untuk memberikan materi Sekolah Aman Bencana
di SMP N 1 Godong (Dok. Kwarcab)

Setiap anggota pramuka, harus paham mitigasi bencana. Pentingnya mengamankan diri sebelum menolong orang lain, dibutuhkan pengetahuan yangg cukup untuk menyikapi keadaan bencana. Para anggota pramuka yang merupakan peserta didik ini termasuk bagian yang rentan terhadap dampak resiko bencana. Karena selain masih anak-anak, pemahaman kebencanaan masih minimal. Sehingga menjadi landasan bagi para pembina berinovasi dalam kegiatan kepramukaan. Pengetahuan yang bermanfaat bagi kehidupannya (life skil) harus dipahami sejak dini, utamanya kebencanaan.

Ditempat berbeda, Kak Endang Sulistyoningsih, S.T.,M.T selaku Kalak BPBD Kabupaten Grobogan menegaskan bahwa peranan adik-adik pramuka dalam Sekolah Aman Bencana sangat dominan. Dalam hal pengurangan resiko bencana ataupun mitigasi bencana, butuh peran dari anggota pramuka. Saya berharap anggota pramuka SMP N 1 Godong dan pangkalan lain untuk lebih aktif mengenali kejadian-kejadian ataupun hal-hal yang berakibat bencana. (Humas Kwc)