SEPENGGAL KISAH PRAMUKA DI GUDEP MTs YPI BOLOH

Salah satu metode kepramukaan yang menarik minat setiap peserta didik adalah belajar di alam terbuka. Pada kegiatan belajar di alam terbuka ini mereka menikmati berbagai tantangan kegiatan yang menarik. Secara otomatis maka metode kepramukaan yang lain turut berpadu.  1. Pengamalan Kode Kehormatan Pramuka; 2. Belajar sambil melakukan; 3. Kegiatan berkelompok, bekerjasama, dan berkompetisi; 4. Kegiatan yang menarik dan menantang; 5. Kegiatan di alam terbuka; 6. Kehadiran orang dewasa yang memberikan bimbingan, dorongan, dan dukungan; 7. Penghargaan berupa tanda kecakapan; dan 8. Satuan terpisah antara putra dan putri. Delapan metode tersebut agar mudah mengingat kadang juga bisa dinyayikan oleh kakak-kakak pembina . Kode kehormatan, belajar melakukan, kegiatan kelompok, menarik dan menantang, di alam terbuka, hadir orang dewasa, tanda cakap satuan terpisah. (menggunakan lirik saya mau tamasya)

Penjelajahan mengenal lingkungan sekitar

Barisan anggota yang akan menerima penyematan TKK

Penyematan TKK oleh Kakak Pembina

Nah kali ini, Humas kwarcab Grobogan memotret giat Kegiatan Penjelajahan yang dilaksanakan pada hari Minggu, 29 Januari 2023 di pangkalan MTs YPI Boloh Toroh Grobogan. Kegiatan ini sebagai salah satu bentuk implementasi dari metode kepramukaan. Peserta didik tidak merasa diuji namun mengikuti setiap kegiatan dengan bahagia.  Tujuan penjelajahan kali ini untuk menumbuhkan rasa cinta alam kepada peserta.

Kegiatan diikuti oleh 72 anggota pramuka penggalang. Disampaikan oleh Kak Andhi Teguh Triwiyanto selaku pembina Pramuka, bahwa dengan kegiatan ini adik-adik dapat lebih mengenal lingkungan. Hal ini sangat penting mengingat dunia android lebih mengendalikan adik-adik kita  untuk terbatas bermain di dunia nyata.  Dengan berada di lingkungan langsung, mereka dapat mengenal masyarakat, lingkungan, kepedulian, adab sopan santun dan sebagainya. Bahwa pramuka kedepan harus siap hadir menjadi bagian masyarakat.

Selain penjelajahan, adik-adik penggalang yang kelas 8 juga menerima penghargaan tanda kecakapan.  Sebanyak 27 peserta didik telah menyelesaikan uji kecakapan khusus tingkat purwa. Upacara penyematan TKK berlangsung bahagia, hikmat dan membanggakan. Pasalnya mereka telah mengikuti tahapan penyelesaian SKK sejak Desember 2022 lalu. Pungkas Kak Andi diakhir kegiatan.