KWARCAB GROBOGAN GELAR RAKOR SAKA DAN SAKO

Grobogan, 10 Februari 2023. Bertempat di Sanggar Bakti Kwartir Cabang Grobogan, Wakil Ketua Kwarcab Grobogan, Kak Heru Dwi Cahyono membuka Rapat Koordinasi Satuan Karya dan Satuan Komunitas. Rapat Koordinasi diikuti oleh masing-masing Pimpinan Satuan Karya dan Satuan Komunitas yang ada di Kwartir Cabang Grobogan.

Foto : Para pimpinan Satuan Karya dan Pengurus Kwarcab urusan Bina Satuan

Adapun Satuan Karya yang ada di Kwartir Cabang Grobogan diantaranya adalah Saka Bakti Husada, Bhayangkara, Kalpataru, Kencana, Taruna Bumi, Wanabakti, Wirakartika, Adhyasta Pemilu, Widya Budaya Bakti dan Saka Milenial. Sedangkan Satuan Komunitas ada dua yaitu Sako Ma’arif NU dan Sako Sekolah Islam Terpadu.

Rakor saka dan sako dipimpin Waka Binasatuan Kak Heru

Disampaikan oleh Kak Heru Dwi Cahyono, bahwa Satuan Karya Pramuka berkedudukan sebagai salah satu organisasi pendukung Gerakan Pramuka yang melekat pada kwartir penyelenggara pembinaan kecakapan hidup dan kompetensi anggota Saka.


Sedangkan Satuan Komunitas sebagai satuan organisasi penyelenggara pendidikan kepramukaan, yang berbasis antara lain profesi, aspirasi dan agama dan juga merupakan organisasi pendukung Gerakan Pramuka.
Oleh karena itu untuk menjalin sinergitas antara Kwartir Cabang Grobogan melaui Bidang Bina Satuan, melakukan rapat koordinasi.
Dalam rapat koordinasi dilakukan Sosialisasi tentang Petunjuk Penyelenggaraan (Jukran) Gerakan Pramuka Nomor 03 Tahun 2021 tentang Peraturan Satuan Karya Pramuka.
Lebih lanjut disampaikan oleh Kak Heru, kami perlu mensosialisasikan Jukran tersebut, agar dalam pembinaan Satuan Karya Pramuka di Kwartir Cabang Grobogan dapat berjalan dengan baik, selaras dan tercapai sesuai tujuan pembinaan Satuan Karya.


Seiiring dengan Kepengurusan Kwartir Cabang Grobogan masa bakti 2022 – 2027 yang telah dikukuhkan, maka Pimpina Saka dan Sako tingkat Cabang harus segera menyampaikan susunan kepengurusan yang sesuai masa bakti Kwartir Cabang Grobogan untuk selanjutnya untuk dilakukan pengukuhan oleh Kwartir Cabang Grobogan.
Di akhir acara, Wakil Ketua Kwarcab Grobogan mengharapkan agar masing-masing Satuan Karya dan Satuan Komunitas untuk melaporkan pangkalan Satuan Karya yang ada dan jumlah Gugus Depan yang tergabung dalam Satuan Komunitas masing masing.
“ Kita perlu melakukan pendataan pangkalan Satuan Karya yang aktif dan juga perlu mengetahui Gugus Depan yang tergabung dalam Satuan Komunitas sehingga kita ke depan punya database yang akurat sehingga dapat digunakan dalam penyusunan perencanaan pembinaan satuan “pungkas Kak Heru.