SAKA BHAKTI HUSADA GABUS, ADAKAN PENERIMAAN TAMU SAKA (PTS) 2023

Tunggulrejo 11-12 Februari 2023. Satuan Karya Pramuka Bakti Husada atau biasa disingkat Saka Bhakti Husada merupakan satu dari beberapa saka yang ada di Gerakan Pramuka Kwarcab Grobogan. Saka ini merupakan wadah pengembangan, pembinaan ketrampilan, penambahan pengalaman dan pemberian kesempatan untuk mengabdikan dirinya kepada masyarakat dibidang kesehatan. Saka ini diperuntukkan bagi para Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega.

Upacara pembukaan penerimaan tamu Saka Bhakti Husada

Kak Dani Anjarsari menerima laporan kegiatan

Sebagai bukti kesungguhannya, ada 18 anggota baru yang terdiri dari,16 siswa SMA Negeri 1 Gabus dan 2 Siswa MA Fathul Ulum Pandanharum sebagai bagian dari masyarakat yang mempunyai niat dibidang kesehatan mengikuti kegiatan Penerimaan Tamu Saka (PTS) yang diselenggarakan oleh Saka Bakti Husada Puskesmas Gabus 1 ,Sabtu-Minggu 11-12 Februari 2023 di SDN 1 Tunggulrejo.

Pamong Saka Bakti Husada Gabus 1. Dr. Saiful Hariyanto selaku Mabisaka yang diwakili oleh , Kak Dhany Anjarsari (Wakil Mabisaka) Puskesmas Gabus 1 dalam sambutan singkatnya ia berpesan agar peserta tetap semangat dalam melaksanakan kegiatan, menjaga kesehatan sebaik-baiknya ditengah tantangan cuaca alam, jangan sampai melunturkan semangat anggota baru Saka Bakti Husada. Adik-adik calon anggota saka dapat belajar lebih banyak lagi tentang saka bakti husada yang didalamya ada 6 Krida. Krida-krida dalam Saka Bakti Husada meliputi : Krida Bina Lingkungan Sehat, Krida Bina Keluarga Sehat, Krida Penanggulangan Penyakit, Krida Bina Gizi, Krida Bina Obat, Krida Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Dengan berkegiatan positif ini, adik-adik penegak yang masuk anggota saka, akan memiliki bekal pengetahuan yang akan bermanfaat di masyarakat. Seperti bagaimana mencegah gizi buruk/stunting, menghindari kenakalan remaja, pergaulan bebas yang sedang marak di generasi muda, sampai dengan nikah dini.

Mengikuti kegiatan saka bhakti husada, akan memperoleh berbagai keterampilan di bidang kesehatan. Keterampilan yang sangat penting bagi setiap anggota pramuka dalam kehidupannya. Sementara itu Dinda Melik salah satu anggota baru Saka Bakti Husada dari pangkalan SMA N 1 Gabus mengungkapkan senang bisa bergabung dengan Saka Bakti Husada Puskesmas Gabus 1. Kakak-kakak Dewan Saka yang baik serta ramah menghilangkan kesan bahwa pramuka itu “galak”. Bahkan selama kegiatan seperti menemukan keluarga baru. Imbuhnya. (Humas Kwc/DA)