SMA N 1 JEKULO KUDUS, TIMBA ILMU GUDEP MANTAP DI MA NURIL HUDA

Grobogan_Kepakan sayap MA Nuril Huda dalam kepramukaan tak diragukan lagi. Penobatan sebagai Juara I Lomba Gugus Depan (Gudep) Mantap oleh Kwartir Daerah Jawa Tengah pada 2022 yang lalu membawanya semakin berkibar. Tentu bukan hal yang mudah untuk mencapainya, namun gudep 08-059/08-102 yang berpangkalan di MA Nuril Huda bisa membuktikannya. Bahkan atas pencapaiannya itu, kini gudep tersebut semakin dikenal oleh gudep-gudep lain di berbagai wilayah.

Kunjungan Pangkalan Gudep SMA N 1 Jekulo Kudus ke MA Nuril Huda

Seperti pagi ini, Jum’at (17/2) gudep MA Nuril Huda yang beralamatkan di Desa Tarub Kecamatan Tawangharjo mendapatkan tamu istimewa. Mereka adalah rombongan dari SMA Negeri 1 Jekulo Kabupaten Kudus yang melaksanakan kegiatan studi banding. Kunjungan bertujuan untuk menguatkan gudep yang ada di SMA Negeri 1 Jekulo dalam rangka mencapai tujuan gerakan pramuka di pangkalannya. Rombongan yang berjumlah 16 orang tersebut, terdiri dari pembina dan anggota pramuka penegak dari Dewan Ambalan Brotoseno dan Larasati. Ketua gugus depan (Kagudep) putri, Kak Sri Mulyati, S.Pd secara langsung memimpin rombongan tersebut. Dalam sambutannya, Kak Sri Mulyati menyampaikan keinginannya untuk menimba ilmu kepramukaan di MA Nuril Huda.

Bak gayung bersambut, Kamabigus MA Nuril Huda, Kak H. Muhtarom, S.Ag., M.Si beserta pengurus gudep dan dewan ambalan menyambutnya dengan penuh suka cita. Bahkan dalam sambutannya, Kak Muhtarom menyampaikan kalau gudep yang ada di pangkalannya terbuka, mempunyai kewajiban dan tanggungjawab moral untuk membagikan pengalaman tersebut kepada siapapun. Hal ini merupakan konsekuensi dari penobatan sebagai Gudep Mantap yang disandangnya.

Tanya jawab tentang berbagai administrasi dan pengerjaannya

Kunjungan tersebut kemudian dilanjutkan dengan melihat secara langsung atas cara-cara pengelolaan gudep yang baik. Kak Mukhamad Luthfi Ali, M.Pd selaku pembina di ambalan Ki Hadjar Dewantara langsung mengajak rombongan untuk melihat sanggar bakti pramuka yang dikelolanya. Kak Luthfi juga memberikan tips-tips terkait pengelolaan gudep yang baik. “Sebenarnya, untuk menjadikan Gudep Mantap itu sangat mudah, asalkan semua komponen mendukung. Salah satu hal yang perlu disiapkan adalah komitmen dan motivasi dari para pembina gudep. Kemudian selalu konsisten dalam pengerjaan administrasinya,” jelas Kak Luthfi. Sistem kaderisasi di gugus depan pun sangat menentukan keberhasilan pembinaan peserta didik di pangkalan. Karena kita menyadari dukungan dari berbagai elemen baik masyarakat maupun alumni menjadi salah satu komponen kuatnya gudep mantap. Konsistensi administrasi hanya sebuaah rutinitas dari jalannya pembinaan di gugus depan. pungkasnya.

Setelah seharian menimba ilmu di MA Nuril Huda, rombongan dari SMAN 1 Jekulo menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih atas pengalaman yang telah didapatkannya. Harapannya sinergitas positif dalam kegiatan kepramukaan terus berlangsung dan muaranya anggota pramuka bisa menjadi pionir dalam bermasyarakat. Semoga. (mla)