Teladani dan Amalkan Sifat Baden Powell

“Baden Powell yang menyandang Bapak Pandu Dunia sangat besar jasanya di bidang kepramukaan. Darinya banyak sifat-sifat yang perlu kita teladani dan amalkan,” tutur Kak Prawoto saat memimpin pelaksanaan renungan dalam rangka Baden Powell Day di Sanggar Bakti Kwarcab Grobogan pada Rabu (22/2/2023). Baden Powell yang memiliki nama kecil Robert Stephenson Smyth Powell merupakan Tentara Inggris, banyak pengalaman yang ia terapkan pada ilmu kepramukaan. Bahkan hingga kini, sifat dan ilmunya bisa diterapkan dalam berkehidupan sehari-hari.

Refleksi Baden Powell Day bersama Kapusdiklatcab

Pada peringatan Baden Powell day tahun ini, diikuti 57 anggota pramuka. Mereka mengikuti kegiatan dengan penuh penghayatan. Terlebih saat dibacakan sejarah singkat perjalanan hidup serta pesan-pesan Baden Powell, mereka seolah tersihir dengan kebaikan, perjuangan, dan perjalanan hidupnya. “Seorang Pramuka tidak pernah terkejut, dia tahu apa yang harus dilakukan ketika yang tak terduga terjadi,” itulah salah satu pesan dari Bapak Pandu Dunia.

Pada peringatan hari baden powell tahun ini, juga dilaksanakan Donor Darah di Kantor UDD PMI Kabupaten Grobogan. Hasilnya, ada 16 kantong darah yang berasal dari anggota pramuka. Tak hanya itu, peringatan juga ditandai dengan dilantiknya Pramuka Peduli (Pramuli) Kwarcab Grobogan serta Ubaloka (Unit bantuan pramuka). Bahkan, pelantikan langsung dipimpin oleh Kak Fahrurrozi, S.Ag., M.Si selaku wakil ketua pembinaan anggota dewasa.

Diakhir acara, Kak Prawoto yang menjabat sebagai Ka Pusdiklatcab mengajak peserta renungan untuk bercengkerama. Selain sebagai relaksasi, tujuannya untuk memupuk semangat agar lebih bangga menjadi seorang pramuka. Kelak supaya bisa menjadi bekal dalam menjalankan kehidupan di tengah-tengah masyarakat yang majemuk. (humaskwc)