PERKUAT DAYA JUANG, PRAMUKA SMA 1 GABUS LAKSANAKAN PENGEMBARAAN

Gabus (11/3/2023). Perjalanan pagi yang penuh dengan semangat oleh para pramuka penegak bantara pangkalan SMA N 1 Gabus dalam format pengembaraan berlangsung riang. Pasalnya setelah pandemi kali pertama ini mereka berkegiatan keluar. Dalam upaya meningkatkan semangat juang anggotanya guna mencapai SKU penegak laksana dan pencapaian beberapa mata uji SKK menjadi tujuan penggemblengan pramuka melalui pengembaraan.

Pelepasan peserta pengembaraan

Dengan riang gembira, adik-adik bantara melaksanakan pengembaraan

Perjalanan pengembaraan

Kak Ainur Rofiq selaku pembina menekankan pentingnya keberlanjutan Uji SKU Bantara menuju laksana dan pencapaian SKK menuju terwujudnya pramuka garuda. Para pembina dan sekolah memfasilitasi kegiatan adan peserta didik harus berusaha dengan sungguh-sungguh guna mencapai tujuan tersebut. Kesungguhan peserta didik dalam menyelesaikan berbagai mata uji SKU laksana maupun Uji SKK akan membuat diri peserta didik memiliki ketangguhan dan daya juang tinggi. Mengapa hal ini penting, karena kesinambungan pembinaan gerakan pramuka dan memupuk semangat adik-adik di bawahnya menjadi salah satu sasaran kegiatan.

Dari pangkalan SMA Negeri 1 Gabus, adik-adik akan melakukan perjalanan sampai hutan Ngrejeng KPH Gundih Desa Tlogotirto. Selain pengembaraan peserta didik juga mengikuti uji SKK  materi Memasak, pengamatan, P3K, dan beberapa mata uji SKK lainnya.  Dengan sekali kegiatan adik-adik dapat memperoleh beberapa pengalaman menarik di alam terbuka. Praktek langsung dan dapat mengalami hal nyata akan memperkuat diri mereka saat nanti kembali ke masyarakat. Ujar Kak Rofiq selaku pembina.

Pengembaraan kali ini diikuti sebanyak 35 orang pramuka penegak bantara dengan berjalan kaki. Mereka diberangkatkan dari halaman sekolah oleh pembina gugus depan. Selama perjalanan mereka akan mandiri dalam hal memasak, pengamatan, praktik P3K maupun bakti masyarakat. (Hmskwc/rd)