Saka Wanabakti Gelar Pendalaman Krida

Grobogan, 3 Juni 2023. Latihan rutin yang digelar setiap Hari Sabtu oleh Saka Wanabakti Kwarcab Grobogan pangkalan Perum Perhutani KPH Purwodadi pada tanggal 3 Juni 2023 dimanfaatkan oleh adik adik anggota Saka Wanabakti untuk melakukan Pendalaman Krida Guna Wana dan Reksa Wana.
Diawali dengan penyampaian materi perlindungan hutan oleh Kak Aiptu Wawan, Pabin Polhut KPH Purwodadi di Petak 127 RPH Tambakselo BKPH Karangasem KPH Purwodadi, setelah itu sebanyak 14 anggota Saka Wanabakti melakukan kegiatan preemtif pencegahan gangguan hutan dengan berjalan kaki di Petak 120B RPH Tambakselo dengan dipandu oleh Pamong dan Instruktur Saka.

Materi Perlindungan hutan oleh Kak Wawan, Pabin Polhut KPH Purwodadi

materi Pencacahan Pohon

Di tempat ini adik adik diberikan pemahaman tentang jenis jenis gangguan keamanan hutan dan upaya upaya pencegahanya agar gangguan keamanan hutan tidak timbul atau meminimalkan terjadinya gangguan hutan
Karena juga sudah masuk kawasan hutan, peserta latihan rutin diberikan materi tentang potensi hutan terutama jumlah Pohon dengan sistem sampling dengan menghitung jumlah pohon dalam sampling yang telah dibuat.
Sehingga dalam latihan rutin yang digelar dapat menyelesaikan dua Syarat Kecakapan Khusus (SKK) yaitu SKK Perlindungan Hutan dan SKK Pencacahan Pohon.
Disampaikan oleh Kak Untoro Ketua Mabisaka Wanabakti Kwarcab Grobogan yang kesehariannya menjabat sebagai Administratur Perum Perhutani KPH Purwodadi, adik adik anggota Saka Wanabakti Kwarcab Grobogan harus menempa diri dan meningkatkan semangatnya sebagai rimbawan muda. Peningkatan ketrampilan anggota melalui penyelesain SKK yang ada selalu diupayakan Instruktur untuk mendampingi peserta didik dan menguji kemampuan ketrampilan yang telah disampaikan.
Karena adik adik telah menyelesaikan dua SKK dengan baik, direncankan pada saat latihan rutin berikutnya akan dilaksanakan upacara penyematan TKK sebagai bentuk penghargaan atas Kecakapan yang dimilikinya.
Jiwa peduli hutan dan lingkungan harus ditanamkan kepada peserta didik. Tutur Kak Untoro