SD NEGERI 2 KRANGGANGARJO TOROH RAIH JUARA 1 DI AJANG LCT PRAMUKA KWARAN TOROH

Krangganharjo (18 September 2023). Zaffa, Keisya, dan Nabila sapaan ketiga putri itu. Tampak ceria menjelang pelaksanaan upacara hari Senin. Pasalnya mereka hari ini telah usai mengikuti perhelatan pramuka di tingkat Kecamatan atau lebih dikenal dengan Lomba Cepat Tepat Pramuka.

Penyerahan Thropy kejuaraan oleh Ketua Kwaran Toroh
Foto bersama para juara LCT Toroh Tahun 2023
Penyerahan kejuaraan dari peserta LCT kepada Kepala Sekolah

Tidak seperti biasanya upacara hari senin dilaksanakan. Hari ini Zaffa, Keisya dan Nabila akan menyerahkan hasil perjuangan mereka di kompetisi tersebut. Kali ini tim LCT SD N 2 Krangganharjo ditakdirkan sebagai Juara 1 LCT Pramuka golongan siaga putri, yang diselenggarakan pada 16 September 2023 di Komplek Korwil Kecamatan Toroh dan SD Negeri 1 Depok. 

Senang sekali dapat meraih kemenangan. Selama belajar bapak ibu guru yang mendampingi hanya berpesan belajar yang sungguh-sungguh, tidak harus menang, yang penting berusaha sebaik-baiknya. Jika menang itu bonus, jika kalah berarti masih kurang persiapan. Tutur Zaffa.

Hampir satu bulan penuh mereka berlatih, baik latihan rutin pramuka maupun khusus mendalami materi Lomba Cepat Tepat Pramuka. Tidak jarang Kepala Sekolah juga menunggui. Sampai-sampai di rumah sehabis sholat subuh belajar dan tanya jawab dengan orang tua di rumah. Celoteh Nabila.

SD Negeri 2 Krangganharjo pada tahun 2023 ini memang dinobatkan sebagai Juara 2 Lomba Gugus Depan Mantap tingkat Kwarcab (Kabupaten). Setiap hari Jumat dilaksanakan latihan rutin kepramukaan untuk golongan siaga dan penggalang. Sebagai proses pembinaan generasi muda agar lebih tertata karakternya. Tentang perlombaan itu bukan tujuan utama. Yang lebih utama adalah bagaimana menanamkan nilai-nilai Satya dan darma pramuka sejak dini. Kita tahu bahwa saat ini diberlakukan Kurikulum Merdeka dan salah satu muatannya adalah pendidikan yang berpihak pada murid. Oleh karena itu, salah satu keberpihakan sekolah pada murid adalah menyelenggarakan pendidikan ekstrakurikuler kepramukaan. Tambah Hariyanto, M.Pd. selaku Kepala sekolah. (Hms/Hr).