ANGGOTA UBALOKA KWARCAB GROBOGAN BERTAMBAH DUA ORANG

Kakak Hernowo, Wakil Ketua Kwarda Jawa Tengah membuka Gladi Tangguh UBALOKA VII
Kakak Hernowo, Wakil Ketua Kwarda Jawa Tengah membuka Gladi Tangguh UBALOKA VII

Setelah mengikuti Gladi Tangguh Unit Bantu Pertolongan Pramuka (UBALOKA) yang diselenggarakan oleh Kwartir Daerah Jawa Tengah selama 10 hari dari tanggal 13 sampai dengan tanggal 22 Maret 2022 di Pusat Kegiatan Kepramukaan Candra Birawa Gunungpati, Kota Semarang, dua orang perutusan Kwartir Cabang Grobogan atas nama Adimas Bagus Saputro, Ketua DKC Grobogan dan Naylatin Adiwidyana Prasanthi anggota Saka Wanabakti Purwodadi dari pangkalan SMA Negeri 1 Purwodadi dinyatakan lulus dalam Gladi Tangguh UBALOKA sebagaimana Keputusan Kwartir Daerah Jawa Tengah Nomor 055 Tahun 2022 tentang Kelulusan Peserta Gladi Tangguh UBALOKA VII Kwartir Daerah Jawa Tengah Tahun 2022.
Sebagaimana disampaikan oleh Ketua Dewan Kerja Daerah Jawa Tengah, Kak Ricky, penyelenggaraan Gladi Tangguh UBALOKA VII Kwartir Daerah Jawa Tengah ini merupakan kegiatan untuk para Pramuka Penegak Pandega agar semakin tumbuh jiwa-jiwa kerelawanan sehingga harus dibekali dengan skill kemampuan untuk menunjang semangat kerelawanan tersebut. Selain itu juga sebagai wujud partisipasi Kwartir Daerah Jawa Tengah dalam penanggulangan bencana dengan menyiapkan kader kader yang siap terjun dalam penanggulangan bencana baik pra bencana, saat bencana, dan pasca bencana.
Ditambahkan oleh Kak Ricky, selama gladi tangguh para peserta menerima materi tentang Pramuka Peduli, pemahaman tentang UBALOKA, organisasi kebencanaan, teknik pemadaman api, first aid, water rescue, mountaìn rescue, dan simulasi bencana.

Selain dilaksanakan di Puskepram, para peserta melaksanakan praktek di  Makodam IV Diponegoro Semarang, Waduk Jatibarang, Mijen, Kota Semarang  dan Markas Brimob Simongan.

Peserta Gladi Tangguh UBALOKA VII bersiap melaksanakan kegiatan
Peserta Gladi Tangguh UBALOKA VII bersiap melaksanakan kegiatan

Sementara itu Wakil Ketua Kwartir Daerah Tengah, Kakak Hernowo  dalam upacara pembukaan gladi tangguh berpesan agar peserta agar selalu menempa diri dan meningkatkan ketrampilan dalam bidang pertolongan sehingga nantinya dalam melaksanakan pengabdian dapat melindungi diri sendiri dan mampu menolong orang lain.