STRATEGI PENGELOLAAN GUDEP JADI MATERI FAVORIT KML GOLONGAN SIAGA 2023

Penghayatan upacara latihan pembukaan siaga

Peserta presentasi materi Pengelolaan Gudep oleh kak Rudi

Sesi Penyusunan pragram Gudep oleh Kak Susanto

Kak Wahyu membersamai presentasi kelompok

 

Grobogan(11/07/23) Hari Kedua KML Golongan siaga Kwarcab Grobogan usai. Kegiatan pagi diawali dengan ibadah sholat subuh berjamaah bagi yang muslim di mushola SDN 3 Kronggen Kecamatan Brati , dilanjutkan dengan melaksanakan senam pagi oleh seluruh peserta didampingi kak Janur. Dihari kedua ini, 42 orang Pembina mulai melaksanakan kegiatan penghayatan siaga. Hal ini dimulai dengan upacara pembukaan Latihan siaga yang dipimpin oleh Kak Husain sebagai Ayahnda, dan kak Veri yang berperan sebagai sulung mewakili barung ungu. Tak lupa Kak Lilik selaku pelatih selalu mengoreksi jika ada detail yang kurang pas agar peserta kursus dapat menjalankan upacara dengan tertib dan baik.

 

Selain mempraktikkan penghayatan siaga dengan latihan upacara pembukaan, para Pembina ini juga diberi bekal administrasi dan pengelolaan gugus depan. Dihari kedua ini, Kak Eko Yuli Rudianto yang menyampaikan materi pengelolaan gudep. Dilanjutkan oleh Kak Wahyu menyampaikan materi problematika pengelolaan gudep. Disesi sore, seluruh peserta mempraktikkan kegiatan musyawarah gugus depan yang dipimpin oleh Kak Ridwan.

 

Kegiatan malam dihari kedua peserta tetap semangat karena materi yang diberikan pelatih sangat mudah dipahami. Seperti yang dibawakan oleh Kak Sutanto yang membahas penyusunan program kerja gudep. Dalam hal ini, seluruh peserta nantinya dapat menyusun, mengelola, dan menjalankan gugus depannya dengan baik. Seluruh rangkaian kegiatan di akhiri dengan melakukan refleksi dan istirahat untuk melanjutkan kegiatan esok hari.(od)