KML SIAGA KWARCAB GROBOGAN TAHUN 2023 SEMAKIN MENJADI-JADI

Praktik mendirikan tenda oleh peserta KML Siaga

Pemberian materi stategi mencapai SKU Siaga

Pelaksanaan outbond

 

Grobogan(13/7/23) Kegiatan KML golongan siaga makin menjadi. Para peserta sangat antusias dengan pelaksanaan kegiatan hari ketiga dan keempat ini. Dihari ketiga, semua peserta dijejali materi strategi mencapai SKU dan SKK oleh Kak Eko Yuli, sekaligus mempraktikan upacara pelantikan siaga golongan mula. Siang harinya materi outbond menjadi primadona, dengan dipimpin oleh Kak Jaenur yang dilaksanakan di halaman SDN 3 Kronggen Kecamatan Brati. Administrasi Gudep mantap oleh Kak Luthfi mengiringi perjalanan malam peserta sebelum di akhiri dengan pembuatan Rencana Mengajar untuk di praktikkan di hari keempat.

Dalam penyusunan RM dijelaskan oleh Kak Luthfi, ‘DORA sebagai metode mengajarkan tentang pengalaman belajar. Do, Observasion, Reflektif, Application merupakan salah satu solusi untuk meningkatkan pemahaman. Hari keempat pelaksanaan KML para pembina berlatih secara peer teaching. ‘Semakin menjadi-jadi para peserta KML di hari keempat ini’, tutur Kak Susanto dalam evaluasi kegiatan praktik ini.

Panas terik di kegiatan para peserta berlatih mendirikan tenda, dengan 2 tenda model dom, dan 2 tenda model segitiga. Para pembina ini ditantang membuat sebuah perkampungan tenda yang terdapat pagar, gapura, dan tiang bendera. Kak Djamari selaku penanggungjawab kursus ini menuturkan, dalam kegiatan mendirikan tenda ini para pembina melatih teknik ketrampilan tali-temali mereka.

Kegiatan akhir hari itu ditutup dengan tugas menyusun kegiatan Persari yang akan dilaksanakan esok hari kelima. Kerjasama seluruh peserta terlihat dalam diskusi menyusun kegiatan ini. Ke 42 pembina merencanakan kegiatan agar semenarik mungkin dan mempersiapkan segala kebutuhan kegiatan persari yang rencananya dilaksanakan di Sendang Sinawah Kecamatan Brati.(od)