GUGUS DEPAN PRAMUKA SD NEGERI 1 MONGGOT DIKUNJUNGI KWARDA JAWA TENGAH

Paparan proses pembinaan di Gugus Depan oleh Pembina Satuan
Paparan proses pembinaan di Gugus Depan oleh Pembina Satuan

Grobogan / 28 Juli 2023, Gugus Depan Grobogan 06 – 003 / 06 – 010 yang berpangkalan di SD Negeri 1 Monggot, Kwartir Ranting Geyer mendapatkan kunjungan dari Kwartir Daerah Jawa Tengah.

Kunjungan yang dilakukan oleh Kwartir Daerah Jawa Tengah dalam rangka penilaian presentasi Lomba Gugus Depan Mantap Kwartir Daerah Jawa Tengah Tahun 2023.

Gugus Depan Grobogan 06 – 003 / 06 – 010 pangkalan SD Negeri 1 Monggot merupakan Juara Satu Lomba Gugus Depan Mantap Kwartir Cabang Grobogan Tahun 2023 dan menjadi Duta Kwarcab Grobogan untuk mengikuti lomba yang yang sama di tingkat Kwartir Daerah Jawa Tengah.

Dijelaskan oleh Kak Heru Dwi Cahyono, Wakil Ketua Kwarcab Grobogan bidang Bina Satuan, bahwa berdasarkan Surat Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Tengah tanggal 20 Juli 2023 Nomor : 581 / 11-P, Perihal : Hasil Verifikasi Dokumen Portofolio Lomba Gugus Depan Mantap 2023, pangkalan SD Negeri 1 Monggot lolos di babak enam besar, sehingga dilakukan visitasi pencocokan dokumen yang ada serta dilaksanakan penilaian presentasi proses pembinaan oleh Kamabigus, Ketua Gugus Depan dan Pembina Satuan.

Kunjungan Tim Yuri di Sanggar Pramuka SD Negeri 1 Monggot
Kunjungan Tim Yuri di Sanggar Pramuka SD Negeri 1 Monggot

Lebih lanjut dijelaskan oleh Kak Heru, bahwa dalam Gugus Depan Mantap terdapat delapan aspek yang harus tersedia, diantaranya adalah aspek manajemen dan administrasi, sumber daya manusia, keuangan sarana dan prasarana, kegiatan, proses pembinaan, prestasi, kemitraan dan kehumasan.

Sementara itu, Wakil Ketua Kwartir Daerah Jawa Tengah, Kakak Agung Suparyoko menyampaikan bahwa visitasi yang dilakukan oleh Kwartir Daerah Jawa Tengah ini dalam rangka untuk memotret lebih dekat terkait pengelolaan Gugus Depan yang dilakukan oleh SD Negeri 1 Monggot.

“Kita semua harus memahami bahwa betapa pentingnya Gerakan Pramuka dalam ikut serta mendidik generasi muda Indonesia untukmemiliki karakter dan kepribadian yang lebih baik, rasa nasionalisme dan juga ketrampilan, oleh karena itu Gugus Depan Mantap harus memiliki keunggulan untuk dapat mewujudkan tujuan Gerakan Pramuka” tutur Kak Agung Suparyoko.

Penyerahan catatan penilaian Tim Yuri kepada Kamabigus SD Negeri 1 Monggot
Penyerahan catatan penilaian Tim Yuri kepada Kamabigus SD Negeri 1 Monggot

Dalam kesempatan tersebut dihadiri oleh jajaran Pengurus Kwarcab Grobogan, Camat Geyer beserta jajaran, Ketua Kwarran Geyer, dan para stakeholder pendukung kegiatan kepramukaan di SD Negeri 1 Monggot, Pembina Gudep dan Pramuka Siaga dan Penggalang SD Negeri 1 Monggot.