PANGKALAN SMA N 1 GODONG SELENGGARAKAN PENERIMAAN TAMU AMBALAN

Minggu, 13 Agustus 2023 pangkalan SMA Negeri 1 Godong mengadakan kegiatan penerimaan tamu ambalan. Kegiatan ini diikuti oleh semua peserta didik kelas 10, dewan ambalan, calon dewan ambalan. Acara juga dihadiri MPK, Pengurus OSIS, PMR para Pembina Gugus Depan dari pangkalan tersebut. Hadir dari Kwarcab Grobogan adalah Kak Hj. Lusia Indah Artani, S.E. MM yang didaulat untuk menjadi pembina upacara dan membuka acara secara resmi. 

Tampil sebagai Pembina Upacara Kak Lusi Indah Artani Waka Humas Kwarcab Grobogan
Penyematan tanda peserta kegiatan

Dalam sambutannya Kak Lusi sapaan akrabnya, menyampaikan bahwa tamu ambalan adalah mekanisme pembinaan Pramuka Penegak yang harus dilalui oleh semua calon Penegak. Masa ini adalah masa transisi dari Penggalang menuju calon Penegak sehingga perlu disiapkan sebaik-baiknya oleh masing-masing peserta didik.

Paling lama 2 bulan peserta didik kelas 10 akan berada di status tamu ambalan. Hal ini merupakan salah satu strategi pengkaderan di gerakan Pramuka mereka akan memantapkan diri pada pilihannya untuk menjadi calon Penegak. Disinggung pula oleh Kak Lusi bahwa ambalan Mpu Supo dan Dewi Roso Wulan yang menjadi nama resmi ambalan di SMA Negeri 1 Godong mengandung nilai-nilai luhur keteladanan semangat dari tokoh-tokoh yang luar biasa. Hendaknya ini menjadi penyemangat bagi adik-adik dalam menempa diri dan dalam berkegiatan dengan prinsip 4H yaitu Health, Happines, Helpful, dan Handi craft. Pramuka harus bahagia di manapun berada, selalu sehat, terampil, peduli dan saling tolong menolong. Tegas Kak Lusi yang kesehariannya juga anggota DPRD Grobogan ini. Acara digelar 2 hari tanggal 13-14 Agustus 2023. Penerimaan Tamu Ambalan merupakan tahapan kegiatan di Pola dan Mekanisme Pembinaan Pramuka Penegak yang diatur dengan SK Kwarnas Nomor 176 tahun 2013. Setelah melewati masa Tamu Ambalan adik adik akan menuju calon Penegak, menyelesaikan SKU Bantara, SKK dan SPG. Tambah Kak Abas selaku pembina gugus depan. (Hr/Hms)

One Reply to “PANGKALAN SMA N 1 GODONG SELENGGARAKAN PENERIMAAN TAMU AMBALAN”

  1. Hebat dan bagus sekali kegiatan seperti ini membentuk karakter gotong royong ,mandiri,keimanan serti menambah semangat dan kebahagiaan bagi anak anak dlm melakuakan kegiatan sekolah.salam pramuka

Komentar ditutup.