KIBARKAN SAYAP PRAMUKA MA SUNNIYYAH SELO

Tawangharjo, (18 Maret 2023). Juara 1 Gugus Depan Mantap tingkat Kwartir Daerah Jawa Tengah yang diperoleh Gugus depan 08-063 / 08-080 pangkalan MA Sunniyyah Selo tahun 2021 sangat membawa dampak positif. Dengan penobatan Gugus Depan Mantab membuat Pangkalan MA Sunniyyah selo semakin dikenal oleh Gugus-Gugus depan lainnya di berbagai wilayah. entunya bukan hal yang mudah dalam memperoleh prestasi tersebut, namun Gudep 08-063 / 08-080 pangkalan MA Sunniyyah Selo mampu membuktikanya.

Foto bersama studi banding

tongkat pora menyambut kehadiran tamu

penyambutan dan foto bersana

Ngudi Ilmu SMA Ksatrian 1 Semarang DI MA Sunniyyah Selo

Studi banding merupakan ajang dalam menggali ilmu pengetahuan yang lebih luas. Pada kali ini, Minggu 18 Maret 2023 Gugus Depan 08-063 / 08-080 pangkalan MA Sunniyyah Selo kedatangan tamu yang sangat istimewa dari gugus depan 12-129-130 pangkalan SMA Ksatrian 1 Semarang untuk melakukan Studi banding / Ngudi Ilmu tentang kepramukaan. Dalam sambutannya kak Bina Anshori, S.Ag. M.Si selaku Kamabigus MA Sunniyyah Selo mengatakan, MA Suniyyah Selo sangat tersanjung mendapat kunjungan dari SMA Ksatrian 1 Semarang dan juga mengatakan pangkalan MA Suniyyah Selo dapat seperti ini karena Nekat, Tekat dan Totalitas. selain itu tujuan utama dalam kepramukaan adalah membangun karakter peserta didik. Dalam sambutan selanjutnya yang dituturkan oleh Kak Edy Sulistiono, S.Pd. M.S I (KA Gudep SMA ksatrian 1 Semarang mengatakan,  pada dasarnya mereka memilih pangkalan MA Sunniyyah Selo atas dasar himbauan dari kak Istajib (sekretaris Kwartir Daerah Jawa Tengah). Selain itu Kak Edy Sulistiono, S.Pd. M.S juga menuturkan Kunjungan yang dilakukan kali ini memiliki tujuan untuk menguatkan gudep yang ada di pangkalan SMA Ksatrian 1 Semarang dalam hal administrasi dan juga mengharapkan setelah mereka kembali ke pangkalan setidaknya dapat menetaskan minimal 2 pramuka Garuda.

Belajar administrasi

Administrasi tombak utama dalam organisasi. Mereka yang berjumlah 25 orang, terdiri dari 7 pembina putra, 2 pembina putri dan 16 anggota pramuka sangat antusias dalam mengikuti acara tersebut. Hal ini terbukti ketika materi belum disampaikan mereka sudah bertanya tentang hal apa saja yang perlu dipersiapkan untuk menjadi pramuka garuda. Dalam penjelasan yang dituturkan oleh kak Azis Muslim, S.Pd, mengatakan, ada 13 komponen yang harus diselesaikan jika ingin menjadi pramuka garuda dan itu juga sangat mudah asal ada nekat, tekat dan totalitas. Setelah materi selesai mereka di ajak untuk melihat administrai secara langsung, mebaca dan Tanya jawab mengenai administrasi yang lihatnya.

Uji SKK menangkap Ikan

Untuk menciptakan momen yang tidak terlupakan dan kebersamaan antara gugus depan 12-129-130 pangkalan SMA Ksatrian 1 semarang dan Gugus Depan 08-063 / 08-080 pangkalan MA Sunniyyah Selo, maka dari Pembina membuat inisiatif untuk melakukan uji SKK menagkap ikan lele secara bersama- sama dalam BUDIKDANBER yang dimiliki MA Sunniyyah Selo dan hasilnya sangat luar biasa, mereka sangat menikamati dan sangat senang dengan momen yang satu ini.

Takjub, itulah kata penutupan yang dituturkan oleh Kak Edy Sulistiono, S.Pd. M.S I (KA Gudep SMA ksatrian 1 Semarang. Mereka sangat takjub tersanjung dengan penyambutan dan semua yang ada di Pangkalan MA Sunniyyah Selo karena semua diluar ekspektasi. Dalam perpisan ini tiada hal yang dapat kami berikan kecuali saling tukar pengetahuan dan kami hanya dapat memberikan satu bendel berkas pramuka Garuda sebagai cindra mata. (HmsKwc/Sg)