KWARCAB GROBOGAN CETAK RATUSAN PRAMUKA GARUDA GOLONGAN SIAGA

Purwodadi, 5 Maret 2023. Ratusan pramuka siaga mengikuti penilaian pramuka garuda yang diselenggarakan oleh Kwarcab Grobogan. Minggu, 5 Maret 2023 berpusat di Komplek SD 1 dan 6 Purwodadi Kwarcab Grobogan kembali menggelar Uji Pramuka yang diikuti oleh 138 pramuka siaga se Kwarcab Grobogan. Rangkaian penilaian pramuka garuda merupakan salah satu program strategis Kwartir Cabang untuk mencetak anggota pramuka yang berkualitas sesuai dengan nilai-nilai dasa darma.

Proses penilaian pramuka garuda

Tim Penilai dan Waka Kwarcab Bidang Binamuda Kak Purnyomo

Pelantikan dan Pengukuhan Pramuka Garuda

Kebijakan Kwartir Cabang Grobogan untuk dapat memfasilitasi peserta didik dalam pencapaian pramuka garuda menjadi salah satu bentuk kesungguhan Gerakan Pramuka, untuk terus mendorong anggotanya semakin berbenah dan menempa diri menuju pramuka yang berkualitas. Dengan fasilitasi ini menjadi motivasi bagi para pembina di gugus depan, untuk terus menggalakkan kepramukaan melalui latihan rutin, pencapaian SKU, SKK dan SPG di gugus depan. Ungkap Kak Purnyomo selaku Wakil Ketua Kwarcab Bidang Pembinaan Anggota Muda. Selain itu kita diberikan tugas yang membutuhkan gotong royong semua pihak, baik dari anggota golongan siaga, penggalang, penegak bahkan pembina. Gerakan pramuka harus dapat mengambil peran menurunkan angka stunting, menekan angka putus sekolah, mengurangi angka pernikahan dini. Tiga hal ini menjadi pekerjaan rumah bagi gerakan pramuka. Dengan memahami SKU, SKK, dan mencapai SPG maka diharapkan dapat berkontribusi positif menurunkan angka-angka dari 3 faktor tersebut. Selain masalah kenakalan remaja dan narkoba, kita harus menyajikan kepada masyarakat bahwa Gerakan Pramuka mampu berperan serta dengan berbagai upaya untuk mewujudkan SDM yang unggul dan berdaya saing. Pungkas Kak Purnyomo.

Penilaian pramuka garuda golongan siaga ini meliputi 6 komponen dasar yang terangkum dalam portofolio, uji kecakapan meliputi komputer, hasta karya, maupun kecakapan khusus yang dimiliki. Mereka telah melewati persiapan dari penilaian di gugus depan sampai dengan penilaian oleh Kwartir Cabang. 138 pramuka siaga tersebut pada akhirnya dikukuhkan setelah dinyatakan lulus dengan batas minimum nilai 75. Sebagai informasi bahwa Kwarcab Grobogan sejak tahun 2018 sampai dengan 2023 telah memiliki pramuka garuda 2000 lebih. Dan ini menjadi target Kwarda Jawa Tengah bahwa Grobogan menjadi penopang pencapaian pramuka garuda Jawa Tengah sebanyak 50.000 orang. (HmsKwc/Hr)