SAKA WIRA KARTIKA KORAMIL/15 GUBUG BERIKAN PENDIDIKAN DASAR KEPADA 20 CALON ANGGOTANYA

Grobogan – Satuan Karya Pramuka Wira Kartika Koramil 15/Gubug menggelar Pendidikan Dasar melalui Perkemahan Wira Kartika yang berlangsung selama 3 hari, yaitu tanggal 23 s.d. 25 Desember 2023 di Desa Gebangan Kecamatan Tegowanu Kabupaten Grobogan.

Sebanyak 20 calon anggota mengikuti kegiatan tersebut. Mereka belajar mengenai SKK krida yang ada di Saka Wira Kartika baik secara praktek maupun mendapatkan materi dari Instruktur Saka. Adapun krida yang dimaksud adalah krida navigasi darat, krida pioneering, krida mountaineering, krida survival dan krida penanggulangan bencana.

Instruktur Saka Wira Kartika, Kak Wulan Ramadhani menjelaskan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan pendidikan dasar mengenai krida-krida yang ada di Saka Wira Kartika sebagaimana yang tertuang dalam Surat Keputusan Kwarnas Gerakan Pramuka tentang Saka Wira Kartika.

“Disini adik-adik belajar mengenai SKK Krida guna mengembangkan bakat dan minat mereka di bidang matra darat, sebagaimana yang tertuang di SK Kwarnas Gerakan Pramuka nomor 205 Tahun 2009 tentang Saka Wira Kartika.” tuturnya.

Pemberian materi dikemas dalam bentuk kegiatan beregu dan dilaksanakan menjadi 4 tahapan, tahapan-tahapan tersebut dikenal dengan rally Krida. Pada rally krida pertama terdapat 3 skk yang diajarkan, rally krida kedua terdapat 4 skk, rally krida ketiga ada 5 skk, dan rally krida terakhir terdapat 3 skk.

Selain kegiatan rally krida, ada juga kegiatan unggun, memasak dan bakti masyarakat serta terdapat refleksi acara untuk mengukur sejauh mana keberhasilan adik-adik dalam menguasai materi yang diberikan. Kegiatan ditutup dengan foto bersama. (dn)