PRAMUKA PEDULI DAN UBALOKA KWARCAB GROBOGAN BANTU MASYARAKAT TERDAMPAK BANJIR DI KABUPATEN GROBOGAN

Tim satgas mengevakuasi ibu dan anak

Koordinasi tim kwarcab dengan PMI dan BPBD

Penyerahan logistik kepada perwakilan warga yang terdampak bencana banjir

 

Grobogan (7 Februari 2024), Satuan Tugas Pramuka Peduli Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Grobogan bersama Ubaloka Kwartir cabang Grobogan membantu korban bencana banjir dibeberapa wilayah Kabupaten Grobogan. Pramuka Peduli dan Ubaloka Kwarcab Grobogan bergabung bersama BPBD Grobogan dan PMI Grobogan. Pramuli dan Ubaloka melaksanakan penanganan bencana serta menyalurkan bantuan logistik kepada warga korban bencana alam banjir dibeberapa Kecamatan di Kabupaten Grobogan pada Selasa, 06 Januari 2024.

Logistik diberikan langsung kepada korban bencana melalui beberapa Posko Penanggulangan bencana, yang meliputi wilayah Desa Rowosari Kecamatan Gubug, Desa Cingkrong Kecamatan Purwodadi, dan Lingkungan Plendungan Kecamatan Purwodadi. Hal ini dilakukan sebagai upaya Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Grobogan untuk meringankan beban bagi yang terdampak bencana serta membantu memenuhi berbagai keperluan yang dibutuhkan.
Ketua Kwartir Cabang Grobogan Kak Agus Siswanto, S.Sos., M.AP. melaui Waka Bidang Pengabdian Masyarakat Kwarcab Grobogan, Kak Heru Santosa mengatakan, salah satu tugas dan fungsi Gerakan Pramuka selain pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM), juga penanggulangan Bencana, melalui penyaluran bantuan logistik ini diharapkan mampu mengoptimalkan peran fungsi Gerakan Pramuka dalam penanganan dan penanggulangan bencana di Kabupaten Grobogan.
“Penanganan bencana banjir ini dengan melaksanakan dapur umum di markas PMI Grobogan dan tim juga melaksanakan evakuasi korban bencana banjir dibeberapa tempat seperti Desa Bendo, Desa Getasrejo, Dusun Banteng Mati, Desa Karanganyar, dan Lingkungan Jajar. Melalui aksi ini kami ingin turut andil dalam membantu masyarakat, dan besar harapan kita bisa meringankan beban mereka,” tegas Kak Heru.
Adapun personel yang ikut terjun ke lapangan berjumlah 15 orang yang tergabung dalam Pramuka Peduli dan juga Ubaloka. Sedangkan bantuan logistic yang disalurkan berupa 50 dus mie instan dan 50 dus air mineral kebeberapa lokasi.(od)