SAKA WIRA KARTIKA KODIM 0717/GROBOGAN IKUTI PERSAMI TINGKAT KODAM IV/DIPONEGORO

Semarang – Guna menumbuhkan kepedulian, kemandirian, membina dan mewujudkan generasi muda yang cinta lingkungan, berkarakter, berwawasan kebangsaan serta menyiapkan kader pemimpin yang berjiwa nasionalis, bermental Pancasila, Kodam IV/Diponegoro menyelenggarakan Perkemahan Sabtu Minggu (Persami) Pramuka Saka Wira Kartika tingkat Kodam IV/Diponegoro Tahun 2024.

Kegiatan Perkemahan Sabtu Minggu (Persami) ini dilaksanakan di Kolat Rindam IV/Diponegoro Bantir, Kec. Sumowono, Kab. Semarang yang di ikuti oleh seluruh Satuan Karya Pramuka Wira Kartika Kodim se-Jawa Tengah. Sebanyak 155 peserta yang tersebar di 31 Kodim di wilayah Kodam IV/Diponegoro berpartisipasi dalam kegiatan ini.

Pangdam IV/Diponegoro Kakak Mayjen TNI Tandyo Budi Revita, S.Sos., Selaku Kamabisaka Wira Kartika Kodam IV/Diponegoro bertindak sebagai Inspektur Upacara dalam Kegiatan Perkemahan Sabtu Minggu (Persami) yang digelar mulai Sabtu (3/2/2024) sampai 3 hari kedepan.

Dalam kesempatan tersebut Kakak Mayjen TNI Tandyo Budi Revita, S.Sos., menyampaikan bahwa terselenggaranya kegiatan persami ini bertujuan untuk memberikan pengalaman dan menanamkan tentang nilai-nilai kejujuran, tanggung jawab, disiplin serta kepedulian tentang melestarikan lingkungan alam sekitar bagi generasi muda.

Salah satu kegiatan persami ini adalah pelepasan burung dan melepas benih ikan di Jurug 7 Bidadari serta penanaman pohon disekitar Kolat Rindam IV/Diponegoro sehingga diharapkan dapat membantu mengembalikan fungsi hutan ke dalam perannya sebagai paru-paru dunia. Selain itu juga untuk membangun kembali habitat dan ekosistemnya serta mencegah pemanasan global.

Selaras dengan tema kegiatan yaitu “ Bersatu dengan Alam Rehabilitasi Kawasan Hutan dan Lahan Basah ” Makna dari tema ini pun harmonis dengan poin Dasa Darma Pramuka yang kedua berupa “Cinta Alam dan Kasih Sayang Sesama Manusia”.

Dalam giat persami ini Saka Wira Kartika Kodim 0717/Grobogan mengirimkan 5 orang peserta putra dengan 2 orang bindamping yakni Kakak Serma Ariyanto sebagai Batiwanmil dan Kakak Sertu Farid Dwi Andrianto pamong Saka Wira Kartika, setelah upacara pembukaan kegiatan dilaksanakan selanjutnya peserta mengikuti pendalaman krida.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Ketua Kwartir Daerah Jawa Tengah Kakak Prof. Dr. Ir. Slamet Budi Prayitno, M. Sc. beserta Jajaran Komandan Korem dan Jajaran Komandan Kodim se-Kodam IV/Diponegoro.