MA SUNNIYYAH SELO LAKSANAKAN PCT 2024 DI CANDI GEDONG SONGO

Kegiatan pentas seni PCT MA Sunniyyah

Penjelajahan mengitari kompleks candi gedong songo

Kegiatan memasak dilakukan secara mandiri oleh peserta

 

Grobogan (3 Februari 2024), Penerimaan Calon Tegak (PCT) dilaksanakan oleh pramuka MA Sunniyyah Selo, Kwarran Tawangharjo Kwarcab Grobogan Tahun 2024. Kegiatan PCT ini merupakan pendidikan anggota pramuka MA Sunniyyah Selo yang telah melaksanakan kegiatan Penerimaan Tamu Ambalan (PTA). Tujuan dilaksanakannya PCT ini untuk dikuatkan dan dikukuhkan menjadi bagian dari Ambalan Kyai Ageng Selo dan Ambalan Nyai Ageng Kunir pangkalan MA Sunniyyah Selo.

Penerimaan Calon Tegak (PCT) Pramuka MA Sunniyyah Selo dilaksanakan pada pada Selasa-Kamis, tanggal 30-31 Januari sampai 1 Februari 2024. Kegiatan ini bertempat di Candi Gedong Songo Bandungan Kabupaten Semarang. Peserta PCT tahun 2024 ini berjumlah 329 orang yang semuanya dari kelas X MA Sunniyyah Selo.

Kegiatan PCT ini dilaksanakan di alam terbuka sebagai perwujudan pengamalan metode kepramukaan, sehingga melatih peserta untuk mampu survive dan mengenal alam serta melestarikannya. Kegiatan PCT Pramuka MA Sunniyyah Selo dikemas semenarik mungkin, diantaranya; Upacara Pembukaan, Ice Breaking, Pentas Seni, Olahraga, Peribadahan, Penjelajahan, Upacara Api Unggun, Upacara Adat dan Upacara Penutupan.

Akhir dari kegiatan ini, peserta dilantik menjadi anggota Ambalan Kyai Ageng Selo dan Nyai Ageng Kunir serta diberi badge dan mereka menjahitnya sendiri. Ini menjadi nilai tersendiri yang sangat mengesankan bagi peserta. Kehadiran para Purna Dewan Ambalan juga mewarnai keramaian kegiatan ini. Para demisioner ini dibuatkan sebuah forum dan wadah tersendiri untuk dikenalkan pengurus dan prestasi-prestasi baru Pramuka MA Sunniyyah Selo.

“Luaaarrr biasaaa kakak kegiatan ini, saya tidak pernah ikut Pramuka waktu MTs, karena saya sangat tidak tertarik. Tapi setelah ikut PCT ini, saya belajar banyak, berkemah tiga hari dua malam hanya untuk mendapatkan sebuah badge kebesaran yang membanggakan. Saya puaaas, ditambah Panorama Alam yang luaarr biasa juga” ucap salah satu peserta PCT 2024.(od)