AKHIRI MASA BHAKTI 2016-2021, GERAKAN PRAMUKA KWARTIR RANTING BRATI GELAR MUSRAN

Serah terima hasil keputusan Musran dari pimpinan sidang kepada Ka Kwarran Brati terpilih

Sambutan dalam kegiatan musyawarah ranting Brati

Peserta mengikuti kegiatan dengan seksama

Grobogan, (3 Februari 2024). Gerakan Pramuka Kwartir Ranting Brati menggelar Musyawarah Ranting. Forum yang dihelat oleh Kwarran Brati ini merupakan forum tertinggi bagi gerakan pramuka di Kwartir Ranting untuk melanjutkan estafet kepemimpinan dan keberlanjutan organisasi. Ketua Kwartir Ranting Brati masa bhakti 2016-2021 Kak Djamari menyampaikan bahwa pihaknya melaksanakan kepengurusan berdasarkan Anggaran Dasar yang lama yaitu masa kepengurusan 5 tahun. Dan karena tahun 2020 s.d 2021 masih pandemi Covid maka pengelolaan kegiatan sempat tersendat, sehingga baru dapat menggelar Musyawarah Ranting pada hari ini.

Berkesempatan membuka kegiatan Musran adalah Kak Pamuji selaku Ketua Mabiran Brati. Dalam sambutannya, Kak Pamuji mengharapkan Musran dapat menjadi media untuk merancang program-program organisasi selama 3 tahun kedepan sekaligus memilih pengurus baru Gerakan Pramuka Kwartir Ranting Brati Masa Bakti Tahun 2024 -2026. Pengurus yang benar-benar handal dan mampu membawa organisasi Pramuka Kecamatan Brati menjadi terdepan dan lebih baik dari pada Kwarran lain yang ada di Kabupaten Grobogan. Dirinya juga mengingatkan agar Gerakan Pramuka secara masif harus berkembang di semua gugus depan (gudep). Pengelolaan gudep juga harus dimaksimalkan dan untuk mewujudkannya, tentu harus diimbangi dengan peningkatan kualitas pembina yang berkompeten. Musran ini hendaknya juga dapat mengakomodir usulan peserta, menyusun program atau perencanaan kegiatan yang baik dan berkualitas sehingga mendapatkan hasil mufakat yang dapat diterima semua peserta.

Kak Purjiyo selaku Ketua Kwartir Ranting terpilih mengucapkan terima kasih, atas amanah yang diberikan oleh peserta musran. “Saya mengharapkan dukungan semua pihak, untuk bersama-sama membawa Kwarran Brati kedepan lebih baik lagi” ungkap Kak Purjiyo yang juga menjabat Korwil Bidang Pendidikan Kecamatan Brati ini.

Ketua Kwartir Cabang Grobogan yang diwakili Sekretaris Cabang Kak Suyitno dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada jajaran Kwartir Ranting Brati yang telah berhasil melaksanakan Musran. Disampaikan oleh Kak Yitno, sapaan akrabnya bahwa keberhasilan suatu kepengurusan organisasi salah satunya adalah kaderisasi. Melalui musyawarah ranting ini berarti kaderisasi di Kwarran Brati berjalan. Nantinya Tim Formatur yang dibentuk, akan segera melengkapi kepengurusan yang baru, dan segera bersinergi dengan lintas sektoral. Terlebih dengan Kwartir Cabang. Tantangan kegiatan kedepan bagi Gerakan Pramuka yang semakin kompleks tentu harus dipersiapkan sebaik mungkin. Pelaksanaan Musyawarah Ranting yang berjalan lancar serta kondusif ini menandakan semangat kebersamaan yang tinggi di jajaran Kwartir Ranting Brati.

Musyawarah Ranting Brati ini diselenggarakan 3 Februari 2024 bertempat di Aula Korwil Kecamatan Brati dan diikuti oleh utusan pangkalan gugus depan di Kwarran Brati. Agenda persidangan membahas laporan pertanggung jawaban pengurus lama, merencanakan program kerja 3 tahun yang akan datang serta memilih Ketua Kwarran yang baru. Beberapa hasil keputusan yang disepakati antara lain terpilihnya Ketua Kwarran yang baru Kak Purjiyo, program kerja Kwarran, Tim Formatur dan Badan Pemeriksa Keuangan Kwaran. (Hr/od)