PRAMUKA TERIMA SOSIALISASI PENGAWASAN PEMILU PARTISIPATIF OLEH BAWASLU GROBOGAN

Purwodadi, 2 Februari 2024. Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Grobogan mengadakan sosialisasi diseminasi roadmap kerawanan tahapan pemungutan, penghitungan suara dan rekapitulasi hasil penghitungan suara pemilu 2024. Bertempat di Hotel Kryad Grand Master Purwodadi. Sosialisasi diikuti berbagai unsur elemen masyarakat, organisasi, akademisi, dinas instansi termasuk Gerakan Pramuka Kwarcab Grobogan.
Ketua Bawaslu Kabupaten Grobogan Ibu Fitria Nita Witanti menyampaikan urgensi pengawasan Pemilu partisipstif. Tantangan pemilu saat ini, dan pentingnya pengawasan oleh masyarakat, sehingga dapat menjamin terselenggaranya pemilu yang LUBER JURDIL dan BERINTEGRITAS. Bersama rakyat awasi Pemilu, bersama Bawaslu tegakkan keadilan Pemilu.

Ketua Bawaslu Grobogan membuka sosialisasi (Dok. Pusinfo)
Pemaparan materi oleh Narasumber Kak Aziz dari Bawaslu Grobogan

Pada kesempatan itu Galang Taufani dari Jaladara Institute selaku narasumber memaparkan berbagai tantangan pemilu masa kini dan peran penting masyarakat utamanya pemuda dalam pengawasan pemilu. Maraknya berita hoax terkait pemilu, membutuhkan peran media sosial dan pemuda yang sangat familiar dengan media. Konflik pemilu saat ini meliputi Hak Suara, Kampanye, Politik Uang, Logistik Pemilu, SARA, Politik Identitas, Berita Hoaxs, Hasil Quick count, DPT, Pemungutan TPS.
Kwarcab Grobogan dengan anggotanya memiliki potensi untuk membangun konten positif. Salah satu upaya Gerakan Pramuka melalui Saka Adyasta Pemilu dibawah koordinasi Bawaslu. Berikutnya Amal Aziz dari Bawaslu Grobogan menyampaikan berbagai bentuk kerawanan pemilu yang terjadi pada setiap tahapan pemilu meliputi pra pemungutan, pemungutan, penghitungan dan rekapitulasi suara.

Sebagaimana diketahui bahwa Pemilihan Umum akan digelar 14 Februari 2024 ini akan memilih anggota legislatif meliputi DPRD Kabupaten/Kota, DPRD propinsi, DPR RI, DPD dan Presiden serta wakil presiden.  (Hari/Pusinfo)